Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Kangkung adalah salah satu sayuran yang cukup populer di Indonesia dan memiliki banyak manfaat. Sayuran hijau yang memiliki nama latin Ipomoea aquatica ini sangat mudah dibudidayakan, sehingga harganya sangat murah di pasaran. Simak penjelasan lengkap manfaat kangkung untuk kesehatan berikut ini.

manfaat-kangkung-doktersehat

Kandungan Gizi Kangkung

Sebelum menjelaskan manfaat kangkung, perlu diketahui bahwa ukuran porsi satu cangkir sekitar 56 gram menyediakan 11 kalori, 1,46 gram protein, 0,11 gram total lemak, 1,76 gram karbohidrat dan 1,2 gram serat makanan.

Selain itu, manfaat sayur kangkung untuk kesehatan juga bisa didapatkan karena kandungan:

  • Vitamin C.
  • Vitamin A.
  • Zat besi.
  • Fosfor.
  • Asam amino.
  • Selenium.
  • Kalsium.
  • Magnesium.
  • Vitamin B9.

Manfaat Kangkung untuk Kesehatan

Setelah mengetahui berbagai kandungan kangkung seperti di atas, berikut ini adalah manfaat kangkung yang bisa berguna bagi kesehatan, di antaranya:

1. Menjaga Kadar Kolesterol

Manfaat kangkung yang pertama adalah kemampuannya menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap terjaga normal. Sebuah penelitian mengungkapkan, konsumsi tanaman kangkung menghasilkan tingkat kolesterol yang rendah. Meski begitu, klaim ini membutuhkan penelitian lanjutan karena penelitian baru dilakukan pada hewan.

2. Menjaga Kesehatan Hati

Penyakit hati seperti penyakit kuning dan sejenisnya dapat diobati dengan mengonsumsi kangkung. Manfaat kangkung ini dapat membantu tubuh dalam memodulasi enzim detoksifikasi, di mana hal ini membuat tubuh lebih sehat khususnya organ hati.

3. Mengatasi Anemia

Kekurangan zat besi paling sering dialami oleh mereka yang mengalami anemia atau mereka yang sedang hamil. Dalam hal ini, manfaat kangkung dapat membantu mengatasi anemia karena tanaman ini menyediakan cukup zat besi yang dibutuhkan tubuh. Manfaat sayur kangkung juga bermanfaat bagi wanita yang mengalami perdarahan berlebihan selama menstruasi.

4. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Jika Anda mengalami sembelit atau gangguan pencernaan lainnya, salah satu cara alami yang bisa dicoba untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mendapatkan manfaat kangkung. Kangkung kaya akan serat, komponen penting yang umumnya digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan.

5. Mencegah Perkembangan Diabetes

Jika Anda rutin mengonsumsi kangkung, hal itu akan membantu tubuh menyingkirkan kemungkinan perkembangan diabetes. Memasukan kangkung dalam menu sehari-hari adalah sesuatu yang baik jika diabetes telah dialami oleh banyak anggota keluarga lainnya.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Dengan kandungan vitamin A dan C di dalam kangkung, manfaat kangkung yang bisa didapatkan adalah melindungi tubuh dari penyakit yang berhubungan dengan jantung.

7. Mencegah Sel Kanker

Manfaat kangkung berikutnya adalah kemampuannya untuk mencegah pertumbuhan kanker. Hal ini karena kandungan antioksidan di dalamnya dapat memastikan sel-sel kanker tidak akan berkembang di tubuh.

8. Menjaga Kesehatan Mata

Komponen lutein dan vitamin A dari kangkung memungkinkan Anda mempertahankan penglihatan yang baik dan sehat. Bahkan, manfaat kangkung juga bisa mencegah Anda menderita kondisi mata seperti katarak dan sejenisnya.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti diketahui, sistem kekebalan yang sehat dan kuat adalah kunci utama dalam mencegah penyakit, terutama penyakit menular. Apakah Anda ingin mendapat perlindungan dari penyakit? Salah satu cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi kangkung.

10. Mengatasi Masalah Kulit

Manfaat kangkung yang jarang diketahui adalah kemampuannya mengatasi berbagai masalah kulit seperti kurap hingga kanker kulit. Kandungan kangkung secara menyeluruh membuat kulit lebih sehat.

Selain itu, manfaat sayur kangkung juga dipercaya sebagai komponen anti penuaan. Kangkung dipercaya dapat menjaga menjaga pertumbuhan sel dan melindunginya dari bahan kimia dan elemen berbahaya lainnya. Pada akhirnya, kulit akan terlihat lebih muda.

11. Mengatasi Insomnia

Manfaat kangkung berguna untuk mengatasi insomnia karena kandungan magnesium di dalamnya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa magnesium membantu mengurangi gejala insomnia secara efektif dan meningkatkan waktu tidur. Selain itu, tanaman kangkung mengurangi konsentrasi kortisol sehingga bisa membuat bangun lebih dini.

12. Menurunkan Risiko Penyakit Neurodegeneratif

Vitamin A memiliki sifat antioksidan untuk menghilangkan radikal bebas yang bertanggung jawab atas kerusakan sel dan jaringan, serta mencegah sel menjadi terlalu aktif. Sementara itu, jika Anda mengalami peradangan akibat dari sistem kekebalan tubuh yang terlalu reaktif terhadap protein makanan, maka asupan vitamin A dipercaya mengurangi alergi makanan dengan mencegah reaksi berlebihan.

Ketika peradangan berkurang, maka hal itu juga mengurangi kemungkinan penyakit neurodegeneratif seperti penyakit Parkinson dan penyakit Alzheimer.

Persiapan dan Penyajian Kangkung

Karena tanaman kangkung tumbuh di lingkungan air, sebelum penyajian Anda harus mencucinya hingga bersih di air yang mengalir. Kangkung yang tidak bersih ketika dikonsumsi dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, diare, demam, hingga obstruksi usus. Oleh karena itu, guna memastikan cacing atau telur parasit pada kangkung hilang Anda bisa merendamnya di air garam selama 30 menit.

Memasak dengan uap atau rebusan menghasilkan rasa unik dan tekstur kontras antara batang yang renyah dan daun yang lembap dan segar. Tumis dengan mentega dan bawang putih, kemudian beri tambahan sedikit cuka dan akhiri dengan pemberian biji wijen atau bawang goreng.

Berikut adalah beberapa tips penyajian kangkung yang bisa dicoba:

  • Tunas kangkung segar dan lembut sebaiknya digunakan dalam salad.
  • Batang dan daun muda direbus, dikukus atau ditumis dalam minyak, dan digunakan dalam berbagai hidangan seperti semur, kari atau tumisan.
  • Beli kangkung dari pertanian yang menggunakan air bersih untuk irigasi. Hindari jika sumber irigasinya bersumber dari air yang tergenang dan tercemar.